Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

Pentingnya Mencuci Tangan

Penulis : Admin SSI COMMUNITY

Mencuci tangan tampaknya sepele. Tapi ternyata, dengan mencuci tangan, kita bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang hinggap tanpa kita sadari. 

Tangan selalu kita gunakan untuk menyentuh berbagai macam hal, mulai dari orang lain, benda-benda yang kita gunakan, gagang pintu, dan sebagainya. Tangan kita mengumpulkan kuman-kuman dari benda-benda tersebut. Saat tangan menyentuh mulut, hidung atau mata, diri kita bisa saja terinfeksi kuman-kuman tersebut. Maka, untuk membantu mengurangi kuman yang ada di tangan, mencucinya secara teratur bisa membatasi kuman-kuman yang masuk ke tubuh kita.

Pastikan anda telah mencuci tangan anda ketika akan memasak atau makan, merawat luka, memberi obat, merawat orang sakit atau terluka dan saat menggunakan dan melepas lensa kontak. Dan pastikan anda mencuci tangan setelah memasak, terutama jika yang anda masak adalah daging mentah. Pastikan juga anda mencuci tangan setelah dari toilet, mengganti popok, menyentuh binatang dan mainannya, meniup hidung, bersin dan batuk ke tangan anda, merawat luka dan merawat orang sakit atau terluka, memegang sampah, alat-alat pembershi yang mengandung bahan kimia, atau apapun yang mungkin mengandung bakteri seperti baju kotor atau sepatu bertanah. Dan juga cucilah tangan anda jika terlihat kotor.

Berikut adalah cara-cara mencuci tangan dengan benar :

-Basahi tangan dengan air di bawah keran atau air mengalir

-Gunakan sabun, baik yang cair atau batang

-Gosokkan tangan hingga berbusa

-Gosok tangan anda secara menyeluruh,  termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, di antara jari dan di bawah kuku selama kurang lebih dua puluh detik

-Bilas sampai bersih

-Keringkan tangan anda dengan hand dryer atau tisu yang bersih

-Jika memungkinkan, gunakan tisu untuk menutup keran

Sabun yang digunakan lebih baik adalah sabun biasa, karena efektivitas sabun anti bakteri dalam membunuh kuman, tidak berbeda dari sabun biasa. Penggunaan sabun anti bakteri bahkan dapat menyebabkan perkembangan bakteri yang resisten pada produk anti mikroba, dan akhirnya sulit untuk membunuh kuman ini ke depannya.

Jika tidak terdapat sabun dan air, anda bisa menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbasis alkohol. Pastikan produk ini mengandung minimal 60 persen alkohol. Ketika anda menggunakan hand sanitizer, tuangkan pada telapak tangan anda, untuk membasahi permukaan tangan, lalu gosokkan kedua tangan anda ke seluruh permukaan tangan anda hingga kering. Selain hand sanitizer, anda juga bisa menggunakan tissue basah.

Referensi : http://www.mayoclinic.com/health/hand-washing/HQ00407/NSECTIONGROUP=2

 

 

000078149
Hari iniHari ini593
KemarinKemarin630
Minggu iniMinggu ini2683
Bulan iniBulan ini20260
TotalTotal78149