Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

 

"Karena pada saat di atas pesawat, tekanan udara bisa berubah-ubah, itu bisa mempengaruhi kontraksi kandungan," ungkap dr Lisda Ulyahairlika, dokter jaga di Poliklinik Bandara Sepinggan Balikpapan, Sabtu (7/1/2012).

Meski tidak ada larangan mutlak bagi wanita hamil yang ingin menggunakan transportasi udara, namun pihak Poliklinik Bandara Sepinggan kerap diminta surat Laik Terbang.

"Maskapai-maskapai penerbangan juga tidak ingin ambil resiko, karena itu wanita hamil diminta surat keterangan layak terbang," papar wanita berjilbab ini.

Jika kondisi fisik wanita hamil tersebut dianggap sehat, maka pihak Poliklinik Bandara Sepinggan akan mengeluarkan surat Laik Terbang.

Menurutnya, wanita hamil masih diperbolehkan terbang jika usia kandungannya di atas 36 minggu. "Itu untuk kehamilan pertama, tapi kalau kehamilan kedua minimal 32 minggu," jelasnya.

Namun, setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

"Contohnya (maskapai) Garuda, mereka menetapkan usia kandungan minimal 32 minggu ke atas," tuturnya. "Bagusnya sih tidak usah terbang walaupun boleh," tambahnya.

Klinik Bandara yang terletak tidak jauh dari pusat informasi bandara ini, siap melayani penumpang pesawat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Klinik ini memang khusus untuk melayani penumpang pesawat, memantau kesehatan ibu hamil, bayi maupun penumpang yang sakit," jelasnya.

Tidak hanya itu, urusan pengangkutan jenazah juga harus mendapat izin dari klinik bandara.

"Karena untuk pengangkutan jenazah ada prosedurnya, seperti kelayakan peti jenazah dan penanganan jenazah, karena jenazah harus steril jangan sampai ada penyakit yang bisa menular kepada penumpang lain," tandasnya.

Editor: Dewi Agustina  |  Sumber: Tribun Kaltim

 

Sumber : http://www.tribunnews.com/

 

Branding
  • Loading

Artikel Terkini

  • 5 Tips Cara Cepat Dipromosikan di Kantor

     

    Mendapatkan karir yang bagus adalah impian banyak karyawan. Namun sebagian orang sering mengeluhkan bahwa karir mereka cenderung stagnan / jalan di tempat. Sementara mereka melihat “junior” mereka yang masuk belakangan justru cepat dipromosikan. Sebenarnya apa resep cepat (yang halal tentunya) agar karir kita cepat menanjak / mudah dipromosikan di kantor? Berikut ini tips-tips yang mungkin bisa dilakukan:


  • 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Seorang Pengusaha



    Mengambil keputusan dalam berbisnis mungkin pilihan yang tepat. Tetapi menjadi tidak tepat ketika kita selalu mengulang kesalahan yang sama tanpa mau belajar. Berikut ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha.