Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

Penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang nasi gila ini, saya teruskan pencarian. Sampailah pada tulisan dari Bondan Winarno tentang sebuah festival makanan di Jakarta.
Pernah   dengar  nasi  gila?  Tentu  saja,  ini  bukan  nasi  yang  membuat penyantapnya  jadi  gila.  Tetapi, cukup tergila-gila. Nasi gila sebetulnya bukan  masakan  tradisional Jakarta, melainkan sebuah kreativitas baru yang ternyata  cukup  banyak  digemari  warga  Jakarta.
Pada dasarnya, nasi gila adalah bumbu dan aksesoris untuk nasi goreng yang diaduk dengan nasi putih, tetapi  tidak  digoreng.  Hidangan ini sangat populer di kalangan anak-anak muda yang suka melewatkan malam sambil dugem (dunia gemerlap). Berani coba?
Juga pada link ke youtube, tentang penjual nasi gila di Menteng (WARNING: presenternya annoying). Diambil dari sebuah acara kuliner di salah satu TV Indonesia- acara kuliner sepertinya tengah marak di Indonesia, waktu saya pulang, selain berita selebrity, acara seputar makanan dan tempat makan ini ada (dan sering) di semua chanel.
Setelah deskripsi dan gambar saya temukan, meskipun cara memasak dan bumbu dan bahan yang digunakan tidak jelas - karena si presenter mengganggu- ada satu yang tidak bisa didapatkan hanya dengan search di internet, yaitu rasa.
Penasaran- well, saya selalu penasaran dengan sesuatu yang baru- saya pun kembali ke Tabloid Saji di rumah dan melihat resep nasi gila. Tidak terlalu sulit dan semua bahan juga ada di kulkas, hari itu juga saya mencobanya.
Meskipun di resep memakai ayam belum matang, tetapi saya memilih ayam digoreng dulu, kemudian disuwir-suwir, tidak dipotong-potong seperti ditulis di resep. Dan sepertinya, any leftover chicken, apa itu sisa ayam goreng, sisa roast chicken, work perfectly well dengan resep ini, tanpa perlu ditimbang.
Jumlah (ukuran) bahan dan bumbu bisa disesuaikan selera, yang penting cara memasak dan bumbunya sama. Bahkan kurang satu-dua bahan juga tidak apa, saya misalnya karena minyak wijen masih baru, belum dibuka, lupa menambahkan minyak wijen (sesame oil).
Berikut resep NASI GILA menurut Tabloid Saji:
Bahan orak-arik telur:
2 butir telur di kocok lepas
1/4 sendok teh garam
Bahan tumisan:
150 gram daging ayam, potong-potong
1 sosis, potong tipis-tipis
5 bakso, potong tipis-tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 bawang bombay, cincang
2 cabai merah, iris tipis
2 sendok makan (SDM) saus tiram
1 SDM kecap manis
2 SDM saus sambal
1/4 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh gula pasir
50 ml air
1/2 SDM minyak wijen
2 SDM minyak untuk menumis
Cara Membuat:
Orak-arik telur:
Campur telur dan garam. Panaskan sedikit minyak di wajan. Masukkan telur, aduk-aduk hingga berbutir-butir. Angkat dan sisihkan.
Tumisan:
Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan cabai merah, tumis sampai layu.
Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tambahkan bakso, sosis, kecap manis, saus tiram, dan saus sambal. Aduk rata.
Masukkan air, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang dan kuah mengental.
Tambahkan orak-arik telur. Aduk rata. Masukkan minyak wijen. Aduk rata.
Siram di atas nasi putih. Taburi bawang goreng, sajikan panas dengan kerupuk.
Rasanya? Ayo coba sendiri di rumah. Dijamin lebih enak (dan healthy) dari yang dijual di pinggir jalan.
*Klik foto untuk memperbesar gambar
Sumber : http://susilo.typepad.com/

Branding
  • Loading

Artikel Terkini

  • 5 Tips Cara Cepat Dipromosikan di Kantor

     

    Mendapatkan karir yang bagus adalah impian banyak karyawan. Namun sebagian orang sering mengeluhkan bahwa karir mereka cenderung stagnan / jalan di tempat. Sementara mereka melihat “junior” mereka yang masuk belakangan justru cepat dipromosikan. Sebenarnya apa resep cepat (yang halal tentunya) agar karir kita cepat menanjak / mudah dipromosikan di kantor? Berikut ini tips-tips yang mungkin bisa dilakukan:


  • 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Seorang Pengusaha



    Mengambil keputusan dalam berbisnis mungkin pilihan yang tepat. Tetapi menjadi tidak tepat ketika kita selalu mengulang kesalahan yang sama tanpa mau belajar. Berikut ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha.


  • Mitos Seputar Miras yang Harus Dipahami Remaja


    Penulis : admin

    Kaum muda dan remaja adalah masa depan bangsa. Di pundak merekalah potret masa depan bangsa ini akan berwujud. Jika perilaku dan karakter mereka baik, maka baiklah bangsa ini. Namun jika sebaliknya, bersiaplah akan kerusakan dan kehancuran bangsa ini ke depan. Salah satu perusak yang cukup dhsyat selain narkoba, pornografi dan freesex bagi kaum muda adalah minuman keras.


  • Bagaimana Merawat Cinta Kepada Pasangan?

    Banyak yang mengartikan cinta dengan kata sifat sehingga cinta itu identik dengan perasaan.  Masalahnya, perasaan cinta itu bisa naik turun dipengaruhi banyak faktor eksternal, mulai dari kondisi llingkungan, pekerjaan, kondisi pasangan hingga orang ketiga. Mereka yang menganggap bahwa cinta itu adalah kata sifat inilah yang sering bermasalah dengan cintanya. Saat cinta itu datang dan memuncak, hubungan mereka bisa sangat mesra. Namun saat “cobaan” datang hubungan mereka demikian hambar dan bahkan ada yang “bubar” karena hal tersebut.


  • Agar Anak Anda Sehat Secara Mental

     Sebagian orang tua tidak paham bahwa kebutuhan anak tidak berhenti pada hal-hal fisik saja seperti makan-minum, gizi, mainan, sekolah, dst. Anak-anak membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang tua untuk bisa tumbuh secara normal mentalnya. Pertumbuhan mental yang normal ini akan membuat mereka siap menghadapi kehidupan di masa depan. Lebih jauh lagi ketika seorang anak memiliki mental yang sehat, ia akan memiliki attitude yang baik serta karakter yang kuat. Di mana kedua hal ini sangat penting sebagai bekal dia untuk survive dan berkembang dalam kehidupan.


  • Filosofi Warna Hijau

    Penulis : Admin

    Warna hijau sering digunakan sebagai warna kemasan
    untuk menunjukkan sesuatu yang segar dan alami
    Hijau adalah “warna alam”. Sebuah warna natural yang banyak kita temui dalam lingkungan sekitar kita yang masih “alami”. Dan karena filosofi alam inilah, warna hijau sering digunakan oleh berbagai kemasan, identitas, sampai dengan media promosi yang ingin memperlihatkan unsur alam ini.


  • Review Desain Kemasan : Komix Rasa Peppermint

    Penulis : Admin

    Desain Kemasan Komix Rasa Peppermint
    Mari kita mereview kemasan obat batuk Komix rasa peppermint. Melihat simbol lingkaran biru dengan bingkai hitam di pojok kanan atasnya menandakan bahwa obat ini adalah obat yang dijual bebas namun terbatas. Artinya walau tanpa resep dokter, kita tetap harus memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya dengan sangat seksama.


  • Kenapa Belum Menggunakan Jasa Desainer/Design Agency Profesional?

    Penulis : Admin

    Bagi sebuah perusahaan profesional, branding adalah penting. Sebab ia adalah investasi jangka panjang yang akan membuat sebuah bisnis lebih sustainable. Posisi desain sendiri adalah salah satu penguat branding. Desain adalah wajah dan tampilan visual sebuah brand. Semakin profesional sebuah perusahaan, ia akan semakin peduli dengan masalah desain ini.

  • Kenapa Logo Anda Harus Estetis dan Filosofis?

    Penulis : Admin

    Mari kita pikirkan sejenak. Apa yang diingat “secara visual” untuk mendefinisikan tentang perusahaan anda? Apakah kendaraan opreasionalnya? Karyawannya? Kantornya? Direkturnya? Atau ownernya? Apakah juga yang akan digunakan sebagai simbolisasi visual perusahaan anda di berbagai tempat, di kendaraan operasional, di kartu nama, kop surat, amplop, company profile, dst?


  • Agar Brosur Anda Tidak jadi Bungkus Kacang : Sebuah Kesalahan Para marketer / Pebisnis

    Penulis : Admin

    Brosur adalah marketing tools yang paling umum kita kenal. Brosur ini bisa berfungsi banyak, mulai dari memperkenalkan produk/jasa, menyampaikan sebuah event sampai dengan sekedar untuk meningkatkan awareness sebuah produk. Beragam bentuk dan desain brosur bisa kita saksikan setiap hari. Mulai dari yang ukuran standarnya A4, A3, lipat 2, lipat 3, lipat 4, dan masih banyak lagi.




000065724
Hari iniHari ini907
KemarinKemarin768
Minggu iniMinggu ini3810
Bulan iniBulan ini7835
TotalTotal65724