Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

pagelaran panggung musik, tetapi tidak dengan penjualan satu atau dua album dan single miliknya yang justru kurang mendapat respon.  Anggun termasuk beruntung pernah mengalami pasang surut penjualan album single-nya dimasa lalu, setidaknya Anggun itu membuat Anggun menjadi pribadi yang rendah hati dan cenderung menghargai penyanyi lain karena sudah pernah mengalami bagaimana rasanya ketika berada diposisi ‘bawah’. Berikut adalah ulasan mengenai album dan single yang pernah dirilis Anggun sewaktu masih berkarir di Indonesia. Mungkin ada beberapa yang sudah familiar buat anda atau bahkan belum pernah anda dengar sama sekali.

13173956471015916854

Edit : Harrys

 

 

DUNIA AKU PUNYA (1986)

Ini adala album pertama Anggun sebagai penyanyi remaja setelah sebelumnya sempat merilis album kompilasi anak-anak berjudul Kepada Alam & Pencipta-Nya yang lagu-lagunya diciptakan oleh musisi balada Bandung : Rita Rubby Hartland. Anggun masih berusia dua belas tahun saat mengerjakan album ini serta menyumbang dua lagu yang dia tulis sendiri : Tegang & Tik Tak Tik Tuk. Bisa dibilang suara Anggun mulai mengalami masa peralihan di album ini, meskipun karakter vokal Rock-nya sudah mulai terasa, tetapi image suara anak-anaknya masih sedikit tersisa apalagi pada lagu bertema anak-anak seperti pada dua nomor karya Anggun yang masing bercerita tentang suasana penerimaan raport kenaikan kelas dan juga cerita tentang bunyi jam dinding. Mungkin produser menganggap usia Anggun masih terlalu muda untuk menyanyikan lagu bertema cinta, sementara sudah terlalu besar untuk menyanyikan lagu anak-anak maka dipilihlah tema lagu yang sangat universal. Misalnya lagu berjiwa nasionalis pada lagu Garudaku, kekaguman pada seorang ibu lewat lagu Dari Seorang Wanita dan curhat tentang tante pada lagu Tante Cerewet. Meski masih kental image kekanak-kanakan-nya, tetapi album ini memang digarap serius dan diarahkan kepada pecinta musik Rock. Lihatlah tata musiknya yang ditangani langsung oleh Ian Antono yang pada kesempatan berikutnya juga menangani album milik penyanyi senior Anggun : Nicky Astria .

Daftar Lagu : Dunia Aku Punya, Tegang, Masa Remaja, Tik Tak Tik Tuk, Dari Seorang Wanita, Perdamaian, Garudaku, Gadis Penari, Ganti-Gantian, Tante Cerewet.

13173957072146867771

Edit : Harrys

MIMPI (1989)

Ini adalah lagu pertama yang melambungkan nama Anggun ke blantika musik Indonesia. Melodi yang indah dipadu dengan lirik cinta yang puitis (sekaliber lirik gubahan Kla Project) dibawakan dengan sempurna oleh suara bulat milik Anggun sanggup membuat lagu ini menjadi salah satu lagu paling populer pada masa itu. Butuh daya nalar kelas tinggi untuk bisa menangkap kisah yang terkandung dalam lagu ini dan ini merupakan nilai plus Anggun yang tidak terjebak menyanyikan lirik yang cengeng atau picisan. Buktikan keindahan gubahan liriknya seperti pada bagian : setelah aku sadar diri, kau telah jauh pergi. Tinggalkan mimpi yang tiada bertepi.

Lagu kedua : Bayang Bayang Ilusi, juga secara kwalitas melodi dan lirik tidak kalah dengan lagu Mimpi. Mungkin karena diciptakan oleh penulis lagu yang sama yaituTeddy Sudjaya dan Pamungkas NM. Bahkan lagu ini dulu begitu sering dibawakan oleh penyanyi lain ketika tampil mewakili Indonesia di festival musik luar negeri.

13173957821678894020

Edit : Harrys

TAKUT (1990)

Salah satu kelebihan Anggun adalah dia punya wilayah jangkauan vokal yang cukup lebar sehingga memungkinkan dia untuk menaklukkan hampir semua jenis dan tempo lagu. Anggun juga tidak terjebak hanya menyanyikan lagu dari pencipta lagu yang sama melulu. Pada single ini, Anggun menyanyikan lagu karya Deddy Dhukun & Mus Mujiono. Dan memang seperti pengakuan Deddy Dhukun, lagu ini memang ditulis untuk Anggun karena tingkat kesulitan menyanyikan lagu ini memang membutuhkan jangkauan vokal yang dimiliki Anggun. Sepertinya pemikiran Deddy Dhukun tidak terlalu berlebihan karena kedua bagian verse lagu ini dinyanyikan dalam oktaf yang semakin tinggi pada setiap baitnya dan berpuncak pada bagian chorus. Itu sebabnya ketika pertama kali mendengar lagu ini di radio, banyak orang yang menyangka kalau penyanyi lagu ini adalah Nicky Astria. Secara kwalitas dan karakter vokal untuk lagu-lagu bercorak Rock, Anggun memang nyaris menyamai seniornya Nicky Astria dan itu dibuktikan pada lagu ini.

1317395826928765734

Grafis : Harrys

SI ROY (1990)

Sebagai penyanyi remaja yang sedang menjajaki posisi puncak karir-nya, tentu saja Anggun sering ditawari main film. Nike Ardilla dan Nicky Astria pernah mencicipi jalur ini, namun Anggun konsisten dengan jalur musik. Kalaupun Anggun harus terlibat dalam produksi film, Anggun lebih memilih menjadi penyanyi soundtrack film yang bersangkutan. Salah satunya adalah film remaja berjudul Si Roy yang dibintangi oleh aktor idola remaja pada saat itu : Ryan Hidayat. Anggun kebagian peran menyanyikan dua buah lagu yang menjadi soundtrack lagu ini : Si Roy & Kamu Hey Kamu. Meski film ini tidak sesukses film serupa seperti Lupus, tetapi soundtrack yg dinyanyikan Anggun berhasil menjadi hits. Suara Anggun yang terdengar genit dan manja (terutama pada lagu Si Roy) dan tema tentang naksir-naksiran memang membuat lagu ini gampang diterima oleh pendengar dari usia remaja.

Daftar Lagu : Si Roy, Kamu Hey Kamu, OK.

13176265742001999795

Grafis : Harrys

LABA-LABA (1991)

Lagu ini sebenarnya tidak pernah diproyeksikan menjadi lagu hit, makanya hanya diposisikan sebagai lagu pendukung untuk single milik Hedy Yunus dan Irma June yang berjudul Kristal-Kristal Cinta. Tetapi suara bulat Anggun yang ngerock ditingkahi dengan jenis musik yang begitu riang justru membuat lagu ini mampu mengungguli popularitas lagu best-cut. Tanpa promosi lewat video clip (melainkan hanya lewat radio), lagu ini berhasil menjadi salah satu hits Anggun yang paling populer hingga akhirnya single ini kemudian dirilis sebagai lagu andalan untuk rekaman berikutnya.

13176270191322128099

Grafis : Harrys

14 TOP - ANGGUN C. SASMI (1991)

Akhir masa kontrak rekaman  Anggun dengan label Hins Collection ditandai dengan peluncuran album kompilasi hits milik Anggun yang diberi judul 14 Top - Anggun C. Sasmi. Album ini berisi parade lagu-lagu hits Anggun seperti Mimpi, Bayang-Bayang Ilusi, Takut, Si Roy, dan lain-lain yang juga ditambah dengan beberapa single Anggun yang mungkin tidak terlalu dikenal karena hanya menjadi single pendukung rekaman artis lain. Misalnya Kembali (menjadi lagu pendukung single Satu Macam Saja milik Ovie Ariesta yang sekarang dikenal dengan nama Oppie Andaresta), Laba Laba, Mimpi Di Kereta, Sendiri (lagu salah satu band Malaysia yang di-cover version-kan oleh Anggun), Angkuh, Menuju Matahari, Hari Ini (single pendukung untuk album Rock Kemanusiaan), dll.

13176273721904404029

Grafis : Harrys

BOJOKU (1991)

Musisi senior : Oddie Agam, merilis album solo dengan mengundang beberapa penyanyi perempuan sebagai bintang tamunya, yaitu Vina Panduwinata, Malida, Asty Asmodiwaty dan tentu saja Anggun C. Sasmi. Jika pada materi lagu-lagu di album ini Oddie Agam memilih menyanyikan sendiri lagunya atau duet dengan Malida pada lagu Bebaskan Asmara dan Vina Panduwinata pada lagu Tamu Istimewa, namun pada lagu Bojoku Anggun dipercaya menyanyi sendiri. Mungkin ini salah satu strategi marketing pihak label untuk menarik penikmat musik Indonesia dari usia remaja mengingat Anggun pada era ini adalah salah satu penyanyi yang menjadi idola para anak muda Indonesia.

13173958891392086274

Grafis : Harrys

DOSA-DOSAKU (1991)

Awalnya lagu ini juga muncul pada salah satu adegan film Si Roy, tetapi bukan Anggun yg melantunkannya melainkan Lady Avisha. Tetapi untuk dirilis sebagai single, justru Anggun yang menyanyikannya. Mungkin untuk alasan komersil, Anggun dianggap lebih menjual.

Daftar Lagu : Dosa-Dosaku, Ku Cari Bayangmu

13173959411856244476

Grafis : Harrys

TUA TUA KELADI (1990)

Lagu ini pertama kali dibawakan oleh Anggun pada acara operet Lebaran di TVRI dengan lokasi outdoor. Entah apa hubungannya lagu ini dengan tema Lebaran dan apakah memang tidak banyak orang yang menonton operet tersebut sehingga popularitas lagu ini sempat tersendat-sendat pada awalnya. Lagu ini mulai mencuri perhatian ketika Anggun menyanyikannya dalam acara Selekta Pop TVRI hingga akhirnya menjadi salah satu lagu paling populer di tahun 1990. Sayang sekali, lagu ini dirilis dalam bentuk single sehingga harus mengalah dari album Bintang Kehidupan milik Nike Ardilla dalam kategori Album Terlaris BASF Award 1990. Lagu ini sendiri memang terdengar sangat menarik. Lirik yang berisi sindiran terhadap pria-pria hidung belang yang masih doyan main perempuan muda, apalagi melodinya juga sangat catchy, tak heran lagu ini masih digemari dan sering dinyanyikan oleh penyanyi lain hingga saat ini. Anggun sendiri setiap konser di Indonesia seperti punya kewajiban harus menyanyikan lagu ini.

13173960112062797524

Edit : Harrys

GAYA REMAJA (1991)

Anggun adalah penyanyi yang sering membawakan lagu-lagu bertema remaja seusianya saat itu. Lewat Gaya Remaja, Anggun berbicara tentang realita remaja Jakarta. Mulai dari model rambut ala Lupus (tokoh fiksi karya Hilman Hari Wijaya), mengejar bis kota sepulang sekolah, pencarian jati diri, persahabatan, cinta monyet, dll. Gaya Remaja juga termasuk salah satu hits Anggun yang terkenal pada zamannya.

13173960631217679961

Edit : Harrys

KOTA MATI (1991)

Dari single ini Anggun sempat mengalami pengalaman pahit sepanjang karir musiknya. Sang ayah dituduh melakukan pembajakan karena dianggap mengubah judul lagu yang tadinya berjudul Terdampar Di Kota Mati menjadi Kota Mati tanpa seizin penulis lagu. Sebelumnya sang penulis lagu tidak pernah menulis lagu untuk penyanyi manapun, dan Anggun yang mengenal si penulis lagu sebagai sahabat ayahnya tidak keberatan untuk membantu mempromosikan nama si pencipta lagu dengan cara menyanyikan dan merekam lagu ciptaannya berhubung pada saat itu rekaman Anggun adalah jaminan laris dan terkenal. Anggun sendiri mengaku tidak menyukai lagu tersebut, tetapi karena berniat membantu maka Anggun bersedia menyanyikannya. Meski kasus ini menjadi media promosi karena sempat mendominasi pemberitaan media cetak hiburan, toh single ini gagal dipasaran.

1317396099274891894

Edit : Harrys

KATANYA (1991)

Ada fase dimana Anggun sempat terjebak hanya mengeluarkan single dengan lagu ‘biasa’ yang kurang memforsir kemampuan vokalnya. Katanya adalah salah satu single yg dikeluarkan Anggun tetapi sepertinya gagal menjadi hits. Padahal tema lagu ini masih berbicara tentang realitas anak-anak remaja dan anak sekolah, tema lagu yang biasanya selalu sukses ditangan Anggun.

Daftar Lagu : Katanya, Kontradiksi

13176278651836996286

Grafis : Harrys

BATU-BATU - Feat. Nike Ardilla (1991)

Anggun C. Sasmi dan Nike Ardilla adalah dua nama yang mewakili penyanyi solo usia muda yang mampu mengimbangi dominasi band-band Rock pada awal tahun 90′an. Maka tercetuslah ide untuk membuat proyek duet Anggun dengan Nike. Sayangnya proyek itu tidak pernah terwujud karena Anggun sudah keburu meninggalkan Indonesia menuju Eropa. Versi asli lagu ini sebenarnya adalah lagu dengan format solo untuk Anggun C. Sasmi. Namun mungkin Nike Ardilla juga menyukai lagu ini sehingga tertarik menyanyikan lagu ini dalam bentuk rekaman. Maka lagu inilah yang kemudian dijadikan untuk meneruskan proyek duet antara Anggun dan Nike dimana pada bagian verse tertentu suara Anggun dihapus dan diisi dengan suara Nike sehingga terdengar seperti format duet. Lagu ini bisa ditemukan disalah satu album kompilasi hits milik Nike Ardilla.

13173961441063703800

Edit : Harrys

ANAK PUTIH ABU-ABU (1991)

Sweet Seventeen Anggun ditandai dengan peluncuran album Anak Putih Abu-Abu. Anggun sepertinya tidak bisa lepas dari lagu-lagu bertema anak sekolahan. Bahkan judul albumnya diasosiasikan dengan warna seragam anak SMA, jenjang pendidikan Anggun saat itu. Meskipun memiliki materi album yang bagus (Pay dari kelompok Slank) ikut menggarap album ini, album ini terkesan kurang promosi. Video clip single andalan Nafas Cinta (dimana Anggun bernyanyi dengan di-iringi Pay bermain gitar) sangat jarang diputar di televisi. Meskipun begitu, Nafas Cinta sempat nangkring ditangga lagu populer radio-radio terkenal, walau tidak sampai menduduki posisi puncak. Ada kisah menarik dibalik lagu Nafas Cinta. Teddy Sudjaja (sang penulis lagu) yang juga pada saat itu adalah drummer God Bless) awalnya menulis lagu ini bukan untuk Anggun, tetapi untuk penyanyi Rock perempuan lain. Namun ternyata penyanyi tersebut tidak mampu menaklukkan nada tinggi lagu ini. Ketika diuji coba ke suara Anggun, ternyata memang Anggun yang mampu menaklukkan lagu ini dengan karakter vocal dan emosi yang pas. Yang menarik, pada cover album ini Anggun sudah mulai melepas topi baretnya yang selama ini menjadi ciri khas-nya.

Daftar Lagu : Nafas Cinta, Anak Putih Abu-Abu, Pesta Kita, Harimau, Bilakah Damai, Stop, Jerit

1317396185787702235

Grafis : Harrys

NOCTURNO (1992)

Idealisme dan musikalitas Anggun mulai dipamerkan lewat album ini. Single andalan Problema Cinta menuntut range vokal Anggun mulai dari yang terendah sampai yang paling tinggi. Materi album ini sendiri sebenarnya sudah sangat jauh dari materi lagu-lagu yang pernah Anggun bawakan sebelumnya yang cenderung bertema anak sekolahan. Tetapi sepertinya sang produser tidak mau berspekulasi, maka dimasukkan-lah Problema Cinta sebagai single andalan untuk promo lewat radio. Dari sisi komersil, album ini memang tidak terlalu menggembirakan tetapi dari sisi artisitik dan musikalitas, Anggun sudah mulai menunjukkan kemampuannya. Setelah berani melepas topi baretnya pada cover album Anak Putih Abu-Abu tetapi masih tetap memakainya pada video Nafas Cinta, maka pada album ini Anggun benar-benar sudah lepas dari topi baret. Tidak hanya dalam foto cover album, di video Problema Cinta baret sudah tidak tampak lagi menghias kepala Anggun.

Daftar Lagu : Problema Cinta, Malioboro, Ku Tak Ingin, Ironi, Perisai Kehidupan, Biar, Ganti Saja, Nocturno, Sentuhan Dewata.

13173962761791662025

Photo : Repro

ANGGUN C. SASMI…LAH!!! (1993)

Usia delapan belas tahun, Anggun sudah memiliki perusahaan rekaman sendiri. Produksi pertamanya adalah album Anggun C. Sasmi…Lah!!!. Untuk pertama kalinya Anggun terlibat langsung dalam penggarapannya. Mulai dari pemilihan lagu, musisi sampai video clip. Itu sebabnya untuk album ini Anggun meminta kontribusi dari para sahabatnya seperti Pay (Slank), Lilo (Kla Project) dan Grass Rock. Album ini memang menjadi sangat berwarna, mulai dari warna Slow Rock ala Anggun pada lagu Sendiri, Hard Rock ala Grass Rock pada lagu Nanti Pasti Abadi sampai Blues ala Slank pada lagu dengan judul nyeleneh Penyelesaian Tolol. Video clip untuk single andalan digarap oleh Ria Irawan dan sempat tembus sampai ke MTV Hongkong. Lewat album ini juga Anggun mulai memberi citra dewasa, tak ada lagi lagu-lagu dengan tema anak sekolahan. Bahkan divideo clip Kembalilah Kasih, Anggun untuk pertama kalinya dalam ‘sejarah’ tampil dalam balutan sackdress yang feminin sekaligus seksi.

Daftar Lagu : Kembalilah Kasih, Kenapa Harus, Sahara, Nanti Pasti Abadi, Penyelesaian Tolol, Dikejauhan, Karenamu Kini Aku Mengerti, Matahari Hatiku, Jawara, Sendiri.

13173964161894717586

Edit : Harrys

YANG HILANG (1994)

Sebelum berangkat ke Eropa untuk mengejar mimpi go internasional, Anggun sempat merilis album kompilasi dengan dua lagu baru Yang Hilang & Masa-Masa Remaja. Yang menarik, pada album ini juga dimasukkan lagu lama Anggun berjudul Batu-Batu yang sebelumnya tidak pernah dirilis. Beberapa tahun kemudian lagu tersebut direkam oleh Nike Ardilla dalam format duet dengan Anggun C. Sasmi. Memang pernah terdengar kabar bahwa seorang produser berencana memproduksi album duet Anggun dan Nike Ardilla, tetapi sayangnya sebelum proyek besar ini terlaksana Anggun sudah keburu berangkat ke Eropa. Akhirnya Nike dan sang produser memilih salah satu lagu Anggun, dimana pada beberapa bagian lagu suara Anggun akan dihilangkan dan diisi oleh suara Nike Ardilla sehingga terdengar seperti duet.

Daftar Lagu : Yang Hilang, Masa-Masa Remaja, Batu-Batu.

Demikian sekilas reportase rangkaian album dan single yang pernah dirilis Anggun di Indonesia sebelum bermetamorfosa sebagai penyanyi internasional.  Eksistensi Anggun yang lintas dekade dan masih bertahan hingga saat ini adalah salah satu bukti nyata bahwa Anggun bukan sekedar penyanyi biasa. Maju terus, Anggun C. Sasmi!

Sumber : http://hiburan.kompasiana.com/

Branding
  • Loading

Artikel Terkini

  • 5 Tips Cara Cepat Dipromosikan di Kantor

     

    Mendapatkan karir yang bagus adalah impian banyak karyawan. Namun sebagian orang sering mengeluhkan bahwa karir mereka cenderung stagnan / jalan di tempat. Sementara mereka melihat “junior” mereka yang masuk belakangan justru cepat dipromosikan. Sebenarnya apa resep cepat (yang halal tentunya) agar karir kita cepat menanjak / mudah dipromosikan di kantor? Berikut ini tips-tips yang mungkin bisa dilakukan:


  • 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Seorang Pengusaha



    Mengambil keputusan dalam berbisnis mungkin pilihan yang tepat. Tetapi menjadi tidak tepat ketika kita selalu mengulang kesalahan yang sama tanpa mau belajar. Berikut ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha.


  • Mitos Seputar Miras yang Harus Dipahami Remaja


    Penulis : admin

    Kaum muda dan remaja adalah masa depan bangsa. Di pundak merekalah potret masa depan bangsa ini akan berwujud. Jika perilaku dan karakter mereka baik, maka baiklah bangsa ini. Namun jika sebaliknya, bersiaplah akan kerusakan dan kehancuran bangsa ini ke depan. Salah satu perusak yang cukup dhsyat selain narkoba, pornografi dan freesex bagi kaum muda adalah minuman keras.


  • Bagaimana Merawat Cinta Kepada Pasangan?

    Banyak yang mengartikan cinta dengan kata sifat sehingga cinta itu identik dengan perasaan.  Masalahnya, perasaan cinta itu bisa naik turun dipengaruhi banyak faktor eksternal, mulai dari kondisi llingkungan, pekerjaan, kondisi pasangan hingga orang ketiga. Mereka yang menganggap bahwa cinta itu adalah kata sifat inilah yang sering bermasalah dengan cintanya. Saat cinta itu datang dan memuncak, hubungan mereka bisa sangat mesra. Namun saat “cobaan” datang hubungan mereka demikian hambar dan bahkan ada yang “bubar” karena hal tersebut.


  • Agar Anak Anda Sehat Secara Mental

     Sebagian orang tua tidak paham bahwa kebutuhan anak tidak berhenti pada hal-hal fisik saja seperti makan-minum, gizi, mainan, sekolah, dst. Anak-anak membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang tua untuk bisa tumbuh secara normal mentalnya. Pertumbuhan mental yang normal ini akan membuat mereka siap menghadapi kehidupan di masa depan. Lebih jauh lagi ketika seorang anak memiliki mental yang sehat, ia akan memiliki attitude yang baik serta karakter yang kuat. Di mana kedua hal ini sangat penting sebagai bekal dia untuk survive dan berkembang dalam kehidupan.


  • Filosofi Warna Hijau

    Penulis : Admin

    Warna hijau sering digunakan sebagai warna kemasan
    untuk menunjukkan sesuatu yang segar dan alami
    Hijau adalah “warna alam”. Sebuah warna natural yang banyak kita temui dalam lingkungan sekitar kita yang masih “alami”. Dan karena filosofi alam inilah, warna hijau sering digunakan oleh berbagai kemasan, identitas, sampai dengan media promosi yang ingin memperlihatkan unsur alam ini.


  • Review Desain Kemasan : Komix Rasa Peppermint

    Penulis : Admin

    Desain Kemasan Komix Rasa Peppermint
    Mari kita mereview kemasan obat batuk Komix rasa peppermint. Melihat simbol lingkaran biru dengan bingkai hitam di pojok kanan atasnya menandakan bahwa obat ini adalah obat yang dijual bebas namun terbatas. Artinya walau tanpa resep dokter, kita tetap harus memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya dengan sangat seksama.


  • Kenapa Belum Menggunakan Jasa Desainer/Design Agency Profesional?

    Penulis : Admin

    Bagi sebuah perusahaan profesional, branding adalah penting. Sebab ia adalah investasi jangka panjang yang akan membuat sebuah bisnis lebih sustainable. Posisi desain sendiri adalah salah satu penguat branding. Desain adalah wajah dan tampilan visual sebuah brand. Semakin profesional sebuah perusahaan, ia akan semakin peduli dengan masalah desain ini.

  • Kenapa Logo Anda Harus Estetis dan Filosofis?

    Penulis : Admin

    Mari kita pikirkan sejenak. Apa yang diingat “secara visual” untuk mendefinisikan tentang perusahaan anda? Apakah kendaraan opreasionalnya? Karyawannya? Kantornya? Direkturnya? Atau ownernya? Apakah juga yang akan digunakan sebagai simbolisasi visual perusahaan anda di berbagai tempat, di kendaraan operasional, di kartu nama, kop surat, amplop, company profile, dst?


  • Agar Brosur Anda Tidak jadi Bungkus Kacang : Sebuah Kesalahan Para marketer / Pebisnis

    Penulis : Admin

    Brosur adalah marketing tools yang paling umum kita kenal. Brosur ini bisa berfungsi banyak, mulai dari memperkenalkan produk/jasa, menyampaikan sebuah event sampai dengan sekedar untuk meningkatkan awareness sebuah produk. Beragam bentuk dan desain brosur bisa kita saksikan setiap hari. Mulai dari yang ukuran standarnya A4, A3, lipat 2, lipat 3, lipat 4, dan masih banyak lagi.




000130298
Hari iniHari ini434
KemarinKemarin421
Minggu iniMinggu ini1749
Bulan iniBulan ini11600
TotalTotal130298