Alternative flash content

Requirements

Get Adobe Flash player

Anda, dan siapa pun juga, pada dasarnya punya keunikan tersendiri. Keunikan inilah yang akan dikenal dan diingat orang, yang dalam istilah pemasaran dikenal sebagai personal branding. Masalahnya apakah yang diingat orang itu hal-hal negatif atau positif? Anda sadari atau tidak? Dua pertanyaan inilah yang perlu Anda jawab terlebih dulu, sebelum melangkah lebih jauh.

Produk boleh sama-sama berkualitas, sebutlah apa pun jenis produknya. Tapi jika personal branding Anda kalah dengan saingan Anda, maka konsumen tentu tidak akan membeli produk dari Anda. Personal branding sangat menentukan keberhasilan cara menjual diri Anda kepada konsumen, relasi dan bahkan orang yang baru Anda kenal. Kebutuhan akan personal branding, atau hal-hal unik dari seseorang yang diingat orang banyak, tak terbatas pada profesi dan posisi tertentu. Personal branding ini sangat penting dan menentukan tingkat loyalitas konsumen, kecepatan Anda mendapatkan konsumen baru, tingkat loyalitas konsumen serta kemajuan usaha Anda secara keseluruhan.
Orang tidak akan percaya atau bahkan sampai membeli produk-produk vitamin atau makanan kesehatan dari Anda, jika penampilan Anda kurang bergairah (seperti orang sedang sakit). Begitu juga orang tidak akan tertarik dengan produk kecantikan yang Anda tawarkan, jika penampilan Anda tidak cantik berseri dengan make up yang Anda pakai. Penampilan adalah salah satu unsur dari 4 elemen yang membangun brand Anda.

Paling tidak ada 4 elemen yang bisa digunakan dalam membangun brand Anda, yaitu:

  1. Kepribadian (personality). Seseorang bisa dikenal kejujuran, kepintaran, suka menolong, gesit, bersemangat, cengeng, dsb. Kepribadian bisa dikenal secara positif dan negatif. Bila Anda ingin dikenal sebagai orang yang jujur, maka tetaplah jujur dalam hal apa pun dan kepada siapa pun, di rumah, di jalan maupun di mana pun juga. Setiap hari, jujurlah untuk hal-hal kecil apalagi untuk hal-hal yang besar.
  2. Penampilan (appearance). Lewat rias wajah dan pakaian yang disesuaikan dengan karakter yang diinginkan, seseorang bisa membangun kepribadian yang rapi, bersih, elegan ataupun trendi. Bila Anda ingin dikenal punya penampilan yang rapi dan bersih, pastikan baju yang Anda kenakan bersih tidak kusut dan beraroma tak sedap. Tidak perlu baju yang mahal, yang penting selalu rapi dan bersih. Demikian pula dengan kesehatan dan kebersihan mulut, wajah serta tubuh secara keseluruhan.
  3. Kompetensi (keahlian). Seseorang bisa diingat lewat kecakapan/kepakarannya dalam hal tertentu yang menyangkut aspek pendidikan, seminar, dll. Agar Anda diingat dalam hal ini, mau tak mau Anda harus memperkaya wawasan Anda dengan cara belajar dari buku, kursus, seminar dan pelatihan-pelatihan.
  4. Diferensiasi (keunikan, perbedaan dengan orang lain). Untuk hal ini, Anda harus pintar-pintar mencari kelebihan diri Anda yang tidak dimiliki orang lain. Atau, Anda bisa melakukan sesutau yang orang lain enggan melakukannya. Seperti memperhatikan komplain dengan sepenuhnya dan melakukan pelayanan purna jual. Orang mungkin berusaha menghindari komplain. Tapi jika Anda berniat punya perbedaan dengan orang lain, tentu anda bisa mulai dengan jangan menerima komplain dengan senang hati dan berusaha untuk menyelesaikan secara tuntas. Untuk setiap komplain Anda memberikan solusinya. Dengan demikian Anda akan dikenal sebagai pribadi yang kooperatif dan professional. Konsumen akan menyenangi Anda, dan mereka akan terus membeli dari Anda.

Setiap orang mempunyai brand masing-masing. Brand, atau istilah “julukan” ditentukan oleh kesepakatan orang umum maupun media massa, serta reputasi, kredibilitas dan pencapaian Anda sendiri. Meskipun Anda berwiraswasta, tak ada salahnya Anda berusaha untuk meraih gelar/julukan (brand) tertentu. Misalnya pedagang paling antusias, paling ramah, paling supel, dsb. Tak perlu banyak julukan ingin Anda capai sekaligus, satu julukan saja.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, definisikan lebih dulu siapa diri Anda dan apa yang bisa Anda lakukan. Misalnya apakah Anda pebisnis atau wiraswasta yang bisanya cepat dan sigap, atau membuka/membangun komunikasi (supel), atau yang kuat pemahaman spiritualnya, atau penyelesai komplain. Jika sudah Anda temukan, lalu asosiasikan Anda dengan nilai tertentu. Misalnya Anda adalah “charger” karena dikenal pintar memotivasi orang, Anda adalah “guru” karena dikenal luas ilmunya. Spesialisasi seperti ini akan membuat diri Anda punya peran penting dalam lingkungan Anda, sekaligus bermanfaat untuk memenangkan persaingan. Dengan demikian, Anda telah memposisikan diri sebagai “satu-satunya” solusi untuk mengatasi masalah. Jika ada yang butuh orang untuk memotivasi tim, orang akan datang pada Anda yang dikenal sebagai “pen-charger”.

Dalam membangun personal branding perlu Anda perhatikan 4 hal berikut ini.

  • Pastikan Anda punya diferensiasi/keunikan yang tidak dimiliki orang lain, apakah itu dari sisi karakter, prestasi, penampilan, kompetensi, kredibilitas, keunikan lainnya.
  • Pertajam fokus Anda sesuai dengan keunikan yang Anda miliki tersebut. Asah terus menerus, pelihara, tetap loyal, persisten, serta perkaya, bahkan jika perlu lakukan pengorbanan untuk memperhebat hasil yang diharapkan.
  • Pastikan Anda punya positioning untuk memenangkan persaingan. Bersikaplah total dan konsisten! Pakaian, pemikiran, dan tingkah laku harus sesuai dengan brand yang Anda inginkan.
  • Berkumpul dengan komunitas yang sesuai. Jika Anda dikenal dengan motivator perbanyak relasi motivator di Indonesia sebanyak-banyaknya. Gunakan kekuatan dari buzz marketing (info dari mulut ke mulut) tentang posisi Anda, pelihara komunikasi dengan jaringan, infokan prestasi demi prestasi yang Anda raih ke komunitas.

Personal branding dan product branding bisa saling menguatkan. Kualitas produk dan product branding telah ditangani oleh perusahaan/produsen. Karena itu masalahnya di lapangan tentunya tinggal personal branding diri Anda yang akan menentukan keberhasilan Anda membuka pasar, memenangkan persaingan dan memperbanyak konsumen loyal.
Nah, selamat membangun brand Anda!
Semoga bermanfaat . . .

Sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/

Branding
  • Loading

Artikel Terkini

  • 5 Tips Cara Cepat Dipromosikan di Kantor

     

    Mendapatkan karir yang bagus adalah impian banyak karyawan. Namun sebagian orang sering mengeluhkan bahwa karir mereka cenderung stagnan / jalan di tempat. Sementara mereka melihat “junior” mereka yang masuk belakangan justru cepat dipromosikan. Sebenarnya apa resep cepat (yang halal tentunya) agar karir kita cepat menanjak / mudah dipromosikan di kantor? Berikut ini tips-tips yang mungkin bisa dilakukan:


  • 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Seorang Pengusaha



    Mengambil keputusan dalam berbisnis mungkin pilihan yang tepat. Tetapi menjadi tidak tepat ketika kita selalu mengulang kesalahan yang sama tanpa mau belajar. Berikut ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha.


  • Mitos Seputar Miras yang Harus Dipahami Remaja


    Penulis : admin

    Kaum muda dan remaja adalah masa depan bangsa. Di pundak merekalah potret masa depan bangsa ini akan berwujud. Jika perilaku dan karakter mereka baik, maka baiklah bangsa ini. Namun jika sebaliknya, bersiaplah akan kerusakan dan kehancuran bangsa ini ke depan. Salah satu perusak yang cukup dhsyat selain narkoba, pornografi dan freesex bagi kaum muda adalah minuman keras.


  • Bagaimana Merawat Cinta Kepada Pasangan?

    Banyak yang mengartikan cinta dengan kata sifat sehingga cinta itu identik dengan perasaan.  Masalahnya, perasaan cinta itu bisa naik turun dipengaruhi banyak faktor eksternal, mulai dari kondisi llingkungan, pekerjaan, kondisi pasangan hingga orang ketiga. Mereka yang menganggap bahwa cinta itu adalah kata sifat inilah yang sering bermasalah dengan cintanya. Saat cinta itu datang dan memuncak, hubungan mereka bisa sangat mesra. Namun saat “cobaan” datang hubungan mereka demikian hambar dan bahkan ada yang “bubar” karena hal tersebut.


  • Agar Anak Anda Sehat Secara Mental

     Sebagian orang tua tidak paham bahwa kebutuhan anak tidak berhenti pada hal-hal fisik saja seperti makan-minum, gizi, mainan, sekolah, dst. Anak-anak membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang tua untuk bisa tumbuh secara normal mentalnya. Pertumbuhan mental yang normal ini akan membuat mereka siap menghadapi kehidupan di masa depan. Lebih jauh lagi ketika seorang anak memiliki mental yang sehat, ia akan memiliki attitude yang baik serta karakter yang kuat. Di mana kedua hal ini sangat penting sebagai bekal dia untuk survive dan berkembang dalam kehidupan.


  • Filosofi Warna Hijau

    Penulis : Admin

    Warna hijau sering digunakan sebagai warna kemasan
    untuk menunjukkan sesuatu yang segar dan alami
    Hijau adalah “warna alam”. Sebuah warna natural yang banyak kita temui dalam lingkungan sekitar kita yang masih “alami”. Dan karena filosofi alam inilah, warna hijau sering digunakan oleh berbagai kemasan, identitas, sampai dengan media promosi yang ingin memperlihatkan unsur alam ini.


  • Review Desain Kemasan : Komix Rasa Peppermint

    Penulis : Admin

    Desain Kemasan Komix Rasa Peppermint
    Mari kita mereview kemasan obat batuk Komix rasa peppermint. Melihat simbol lingkaran biru dengan bingkai hitam di pojok kanan atasnya menandakan bahwa obat ini adalah obat yang dijual bebas namun terbatas. Artinya walau tanpa resep dokter, kita tetap harus memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya dengan sangat seksama.


  • Kenapa Belum Menggunakan Jasa Desainer/Design Agency Profesional?

    Penulis : Admin

    Bagi sebuah perusahaan profesional, branding adalah penting. Sebab ia adalah investasi jangka panjang yang akan membuat sebuah bisnis lebih sustainable. Posisi desain sendiri adalah salah satu penguat branding. Desain adalah wajah dan tampilan visual sebuah brand. Semakin profesional sebuah perusahaan, ia akan semakin peduli dengan masalah desain ini.

  • Kenapa Logo Anda Harus Estetis dan Filosofis?

    Penulis : Admin

    Mari kita pikirkan sejenak. Apa yang diingat “secara visual” untuk mendefinisikan tentang perusahaan anda? Apakah kendaraan opreasionalnya? Karyawannya? Kantornya? Direkturnya? Atau ownernya? Apakah juga yang akan digunakan sebagai simbolisasi visual perusahaan anda di berbagai tempat, di kendaraan operasional, di kartu nama, kop surat, amplop, company profile, dst?


  • Agar Brosur Anda Tidak jadi Bungkus Kacang : Sebuah Kesalahan Para marketer / Pebisnis

    Penulis : Admin

    Brosur adalah marketing tools yang paling umum kita kenal. Brosur ini bisa berfungsi banyak, mulai dari memperkenalkan produk/jasa, menyampaikan sebuah event sampai dengan sekedar untuk meningkatkan awareness sebuah produk. Beragam bentuk dan desain brosur bisa kita saksikan setiap hari. Mulai dari yang ukuran standarnya A4, A3, lipat 2, lipat 3, lipat 4, dan masih banyak lagi.




000073268
Hari iniHari ini839
KemarinKemarin1056
Minggu iniMinggu ini3105
Bulan iniBulan ini15379
TotalTotal73268